Beranda > Serba-Serbi > Obama Klaim Rambah Daerah Republik

Obama Klaim Rambah Daerah Republik

CHICAGO, SENIN – Dengan sisa 100 hari, kandidat presiden AS dari Partai Demokrat, Barack Obama mengklaim telah memperluas wilayah dukungannya dalam melawan John McCain dari Partai Republik. Ia menyebut wilayah itu tidak hanya di selatan dan barat laut, tetapi juga di Montana dan North Dakota.

“Memang, itu tidak berarti kita akan menang di negara bagian itu, tetapi setidaknya kita bisa melawan dan memberi sesuatu untuk dipilih,” kata Obama dalam sebuah wawancara di atas pesawat kampanyenya, Minggu (27/7) atau Senin (28/7) waktu Indonesia.

“Virginia, North Carolina dan Georgia adalah negara bagian tempat kita bisa bersaing,” katanya. Ia menambahkan, persaingan keras juga akan terjadi di New Mexico, Colorado dan Nevada.

“Kami punya peta besar untuk dimainkan. Itu bukan kebetulan. Seperti kami katakan di awal kampanye, satu peluang yang ingin kami buat adalah membongkar pemisahan negara bagian merah-biru dan mendatangi tempat-tempat yang mungkin tak seorang pun mau untuk mencari peluang,” kata Obama.

Memang secara nasional, Obama sedikit mengungguli McCain, namun jabatan presiden direbut atas kemenangan di tingkat negara bagian. Sejumlah negara bagian yang disebut Obama di atas telah memberikan suaranya untuk George W Bush selama dua kali kemenangan. Minimal 270 elektoral diperlukan untuk merebut Gedung Putih.

Sebelum meninggalkan Eropa Sabtu (26/7), Obama mengatakan kepada wartawan bahwa ia mungkin akan sedikit kalah dalam jajak pendapat karena lebih dari sepekan bepergian ke luar negeri. Ia pun sempat mengatakan akan segera mengalihkan isu kampanye ke persoalan ekonomi dan masalah-masalah domestik lainnya.

Setelah istirahat sejenak usai tur ke medan perang, Obama akan melanjutkan kampanyenya pekan ini di Missouri dan Iowa serta mengumpulkan dana lagi di Texas. Meski Konvensi Nasional Demokrat tinggal sebulan, Obama masih menyembunyikan rencananya soal siapa yang akan menemaninya sebagai wakil presiden. “Saya tidak akan membicarakan itu,” katanya.

Namun, dalam sebuah wawancara dengan NBC, Obama berbicara sedikit lebih luas. “Saya ingin orang yang dengannya saya merasa nyaman, yang bisa bekerja sama, bisa berbagi visi, bisa melengkapi saya,” kata Obama.

sumber: Kompas.Com

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: