Beranda > Olahraga > Closing Ceremony Olympiade 2008 Beijing

Closing Ceremony Olympiade 2008 Beijing

Olimpiade Beijing berakhir dengan pesta penutupan yang sama spektakulernya dengan pesta pembukaan dua minggu lalu.

Presiden Komite Olimpiade Internasional IOC Jacques Rogge mengatakan memberikan kesempatan kepada tuan rumah Cina untuk menjadi tuan rumah adalah tindakan yang tepat.

“Ini sudah melewati perjalanan panjang sejak keputusan kami di tahun 2001 memberikan Olimpiade kepada Cina. namun tidak diragukan lagi kami telah membuat keputusan tepat,” kata Rogge dalam pidato penutupannya.

Meskipun di arena pertandingan, penyelenggaraan berlangsung sukses, namun IOC dituduh gagal memaksa Cina untuk memperbaik catatan hak asasi manusia dan kebebasan press.

“Kami pertama-tama adalah organisasi olahraga. IOC dan Olimpiade tidak bisa memaksa perubahan terhadap sebuah negara berdaulat, dan menyelesaikan semua masalah di dunia. Namun kami bisa memberikan sumbangan positif bagi perubahan lewat olahraga,” tambah Rogge.

Menurut Rogge, Olimpiade juga membuka mata dunia untuk melihat ke dalam Cina.

“Dunia telah belajar mengenai Cina, dan Cina belajar mengenai dunia, dan saya percaya semua hal tersebut akan memberikan dampak yang positif.”

Rogge mengakui bahwa tidak semua hal “sempurna” bagi akses media ke internet selama di Beijing, dan menyatakan keterkejutaannya bahwa tidak ada ijin yang diberikan bagi protes selama penyelenggaraan berlangsung.

Belasan rekor dunia

Dari arena pertandingan, Rogge mengatakan para atlet dari 87 negara berhasil mendapatkan medali, dan ini merupakan rekor baru.

Secara keseluruhan 40 rekor dunia dan 120 rekor Olimpiade berhasil dipecahkan.

Dia secara khusus memuji perenang Amerika Serikat Michael Phelps yang memenangkan delapan medali emas dan pelari Jamaika Usain Bolt sebagai “bintang” Olimpiade.

Rogge juga tetap membela komentarnya yang mengkritik Bolt yang tidak menunjukkan rasa hormat kepada pelari lain, setelah memenangkan 100 dan 200 meter, namun Rogge mengatakan itu hanya berupa nasehat seorang ayah.

sumber: BBCIndonesia

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: