Beranda > Daerah > Gagas Kota Kembar Batu-Tomohon

Gagas Kota Kembar Batu-Tomohon

Kota Tomohon, Sulawesi Utara yang sukses menggelar Tomohon Flowers Festival (TFF) beberapa waktu lalu, ingin membentuk twin city (kota kembar.Red) dengan Kota Batu. Pasalnya, keduanya memiliki banyak kesamaan yang dapat dipadukan, baik geografis maupun potensi wilayah yang dapat dikembangkan.

Gagasan itu disampaikan Wali Kota Tomohon, Jefferson S M Rumajar SE yang kemarin berkunjung ke Kota Batu untuk melihat dari dekat potensi hortikultura yang dimiliki Kota Apel ini. Tomohon juga memiliki potensi hortikultura yang cukup besar dan akan terus dikembangkan menjadi Kota Bunga di Indonesia Timur.

“Kalau sister city sudah ada, tapi untuk twin city akan kita gagas bersama dengan Kota Batu. Batu-Tomohon kota kembar yang memiliki banyak kesamaan,” kata Jefferson di ruang Bina Praja Balai Kota Batu, kemarin.

Untuk mewujudkannya, akan dilakukan kerjasama dalam berbagai hal. Utamanya di bidang pertanian hortikultura dan pariwisata. Apalagi TFF yang telah digelarnya diakui dunia internasional.

Mantan anggota DPRD Tomohon itu mengakui, dia memiliki sepuluh impian dalam membangun Kota Tomohon. Bahkan, hampir setengah mimpinya itu sudah ada di Kota Batu. Tomohon akan menjadikan Kota Bunga yang akan menjadi sentra produksi hortikultura di Indonesia Timur.

“Saya bermimpi Kota Tomohon seperti Kota Batu, khususnya di bidang pariwisata. Selama ini saya masih belum menentukan arah kemana pembangunan pariwisata. Tapi, setelah datang ke Kota Batu, saya memiliki pandangan akan kemana arah pariwisata di Tomohon,” ujarnya yang sempat berwisata di Jatim Park dan wisata petik apel dan strawbery di Kusuma Agrowisata.

Meski mampu menggelar evet TFF yang spektakuler, rombongan eksekutif dan legislatif Kota Tomohon sempat takjub dengan Kota Batu bak kota hamparan bunga. Mereka mendatangi langsung sentra petani bunga di Sidomulyo. Banyak diantara mereka yang langsung memborong tanaman hias dari Sidomulyo. Bunga mawar yang paling banyak diminati rombongan Tomohon.

“Kami akui, TFF itu momentum yang kami dapat. Tapi pertanian bunga dan tanaman hiasnya masih bagus di Kota Batu. Kami akan mendorong eksekutif untuk menjalin kerjasama dengan Kota Batu,” terang Wakil Ketua DPRD Tomohon, Piet HK Pungus.

Sementara itu Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko membuka pintu seluas-luasnya untuk jalinan kerjasama yang akan dibangun Pemkot Tomohon dan Pemkot Batu. Agar terjalin hubungan yang baik untuk mewujudkan kota kembar yang digagas Tomohon-Batu. “Kami memang memiliki banyak kesamaan. Daerahnya sama-sama berada di ketinggian dengan hawa yang sejuk dan potensi alamnya juga,” jelas Eddy Rumpoko. (aim/jon) (Muhaimin/malangpost)

sumber:malangraya.web.id

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: