Beranda > Kesehatan > Makanan Mengandung Susu Cina Banyak Beredar di Manado

Makanan Mengandung Susu Cina Banyak Beredar di Manado

September 25, 2008 Tinggalkan komentar Go to comments

Jakarta, KOMENTAR
Makanan mengandung susu Cina (yang diduga tercemar melamine) masih beredar di Indonesia, termasuk Manado. Padahal makanan berbentuk permen atau biskuit ini sudah diminta BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) untuk ditarik. Makanan itu di antaranya White Rabbit, Oreo Wafer Stick dan lainnya.
Sementara Anggota Komisi Kesehatan DPR RI, Zuber Safawi mengatakan, BPOM terlambat mengantisipasi kekhawatiran masyarakat terhadap berproduk susu Cina bermelamin. BPOM harus bertanggungjawab untuk memberikan pemahaman akan bahaya produk asal Cina tersebut.
Menurut Zuber, BPOM terlam-bat mengeluarkan surat edaran kepada seluruh Balai POM untuk meneliti produk-produk susu Cina tersebut pada 18 September lalu, dua minggu setelah beredarnya kasus ini di masyarakat. Selain itu, BPOM baru kemarin mengirimkan surat edaran ke Asosiasi Peritel Indonesia untuk menarik produk-produk susu dari Cina.
“Saya menilai BPOM harus bisa lebih cepat melakukan tindakan pro konsumen,” kritik Zuber. Zuber juga mengkritisi manajemen koordinasi BPOM dan instansi-instansi yang bertanggung jawab atas beredarnya produk-produk susu Cina di pasaran. Siner-gitas pengawasan dan penelitian produk yang dilakukan BPOM bersama aparat kepolisian, bea cukai dan dinas per-dagangan dinilai masih kurang sehingga produk-produk tersebut dapat diperjualbelikan di supermarket dan pusat perdagangan.
“Ini mungkin perlu dievaluasi bersama,” katanya. BPOM dinilai bertanggung jawab secara moral untuk memberi-kan edukasi terhadap masyarakat tentang produk-produk berbahaya. Zuber berharap supaya antisipasi dan operasi pengawasan juga dilakukan pada produk berbahaya lain-nya menjelang hari Lebaran.
“Kita berharap jelang hari Lebaran ini, masyarakat dapat tenang merayakannya tanpa khawatir terhadap peredaran makanan berbahaya dan kadaluarsa. Dan tugas BPOM adalah menjamin produk-produk pangan aman dikonsumsi masyarakat,” harapnya.
Seperti diketahui, susu Cina yang mengandung melamine, telah mengakibatkan banyak anak meninggal di Cina. Selain itu, akibat fatal mengkonsumsi susu ini, korban akan mengidap penyakit ginjal.

sumber: Harian Komentar

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: