Beranda > Kriminal > KPK Pindahkan Pemeriksaan Kasus Dugaan Korupsi Pemkot Manado ke Jakarta

KPK Pindahkan Pemeriksaan Kasus Dugaan Korupsi Pemkot Manado ke Jakarta

Manado, KOMENTAR
Setelah berada seminggu lebih di Manado, Sabtu (01/11) lalu tim KPK dikabarkan telah kembali ke Jakarta. Diperoleh informasi, bukti-bukti yang dikumpulkan dalam pemeriksaan marathon di Manado, akan dibahas bersama pimpinan KPK. Setelah itu dilakukan pemeriksaan tambahan yang kemungkinan berlangsung di Jakarta.

Jubir KPK, Johan Budi juga menyatakan bahwa kemungkinan pemeriksaan dilanjut-kan di Jakarta mengingat personel KPK yang terbatas. Namun saat ditanyai soal adanya penahanan, dia belum bisa memberikan kepastian. Yang pasti, kata dia, kasus penyidikan dugaan korupsi APBD Manado ditangani se-cara serius oleh KPK. Apalagi, kata dia, kasus ini masuk ’10 besar’ kasus besar yang se-dang ditangani lembaganya.
Sementara itu, sebelum ber-tolak ke Jakarta, Sabtu (01/11) lalu, KPK masih menyem-patkan diri melakukan pemeriksaan tambahan terhadap mantan Sekretaris Tim dan Bendahara Persma masing-masing Ir Haefrey Sendoh dan Donal Supit SH. Pemeriksaan tambahan tersebut hanya berlangsung sekitar dua jam, yakni dari pukul 09.00-11.00 Wita di ruang Satuan Ops III Dit Reskrim, Mapolda Sulut. Sendoh yang coba diwawancai usai pemeriksaan tidak ber-sedia memberikan keterangan. Namun sebuah sumber me-ngatakan, sejauh ini yang diperiksa KPK menyangkut dana Persma, bantuan ben-cana, bantuan proposal dan dana sosialisasi lainnya.
Umumnya, KPK banyak melakukan cross check terhadap dana yang dikeluarkan Pemkot Manado, baik dalam pembuatan baliho, proposal, bantuan Persma dan kepada rekanan lainnya. Diperoleh informasi, ada berbagai penyangkalan yang dilakukan saksi terhadap dana yang dilaporkan telah terbayar oleh pemkot. Meski telah banyak pejabat Pemkot Manado yang diperiksa berkali-kali, namun baru Walikota Manado, Jimmy Rimba Rogi yang dijadikan tersangka.(gra)

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: