Beranda > Politik > Pengamanan Obama Layaknya Presiden

Pengamanan Obama Layaknya Presiden

CALON kuat Presiden AS, Barack Obama seakan tak terbendung lagi. 4 November mendatang (esok), Obama hampir dipastikan akan menang dalam pilpres. Tak heran, kini pengamanan terhadapnya sudah seperti pengamanan terhadap Presiden AS.
Seperti halnya dalam kampanye tentang kebijakan ekonomi Obama di St Louis, Missouri yang dihadiri 100.000 orang di lapangan terbuka, lalu. Para pendukung Obama yang sebagian besar menggenggam kamera untuk mengabadikan peristiwa itu, diawasi oleh beberapa agen keamanan Secret Service. Lima agen keamanan di antaranya berdiri di sekitar podium tetapi sejumlah agen keamanan lainnya tersebar di antara kerumunan orang yang hadir dalam kampanye itu.
Di atas panggung tempat pijakan Obama yang ditandai oleh tanda silang biru, terdapat dua layar antipeluru yang ditutupi oleh bendera AS. Podium yang digunakan oleh Obama untuk berpidato juga antipeluru. Pada podium itu hanya terlihat sebuah rak yang di antaranya digunakan untuk menaruh sebuah botol air.
Obama membaca pidato yang berada di depannya dan juga dari teleprompter layar kaca yang muncul dari dua kotak hitam dari salah satu sisi podium. Obama telah berupaya maksimal untuk merebut dukungan dari negara bagian Missouri yang belum didominasi oleh kubu manapun.
Pada pekan terakhir kampanye menjelang pemilihan Presiden AS 4 November nanti, kubu Republik memfokus-kan perebutan dukungan di Virginia yang sejak tahun 1964 mendukung Republik tetapi saat ini mengarahkan dukungan ke Demokrat. “Kami hanya ketinggalan beberapa poin (dari Obama), tapi kami akan mengejar ketinggalan itu. Kami tak takut bersaing, aku siap menghadapinya dan kalian akan berjuang bersama saya,” tegas rival Obama, John McCain.
Obama telah berkampanye di Nevada, Colorado dan kemudian melanjutkannya di Missouri. Seluruh negara bagian itu telah menyuarakan dukungan ke Presiden George W Bush empat tahun lalu. Kunjungan Obama ke Colo-rado menandai kunjungannya keenam ke negara bagian yang belum dikuasai oleh kubu mana pun itu sejak Senator Illinois tersebut meraih nominasi Demokrat Juni lalu.
RUSUH
Entah benar terjadi atau hanya kekhawatiran yang sengaja dihembuskan, tapi ada kabar jika Barack Obama kalah dalam Pilpres AS, maka kerusuhan akan melanda.
Kekhawatiran ini bukan hanya isapan jempol belaka. Sebab banyak warga AS yang mengamini hal tersebut. Hal ini mengingat banyaknya pen-dukung dan relawan Obama di Amerika. Seperti dilaporkan, banyak warga AS yang diwawancarai beranggapan,
“Bila Obama kalah kemu-dian seluruh pendukung Obama marah dan tidak dapat menerima kekalahan, akan terjadi kerusuhan,” ujar Charlotte seorang relawan Obama.
Hal yang sama juga disam-paikan oleh Guru Besar Ko-munikasi Politik dari Emerson College, Gregory Payne yang menyatakan kerusuhan akan terjadi jika hasil pilpres pada 4 November nanti tidak memenangkan Barack Obama. “Yah bila kita prediksikan, kerusuhan dapat terjadi jika ternyata McCain menang. Massa saat ini butuh perubahan dari pemerintahan Bush yang tidak teratur seperti saat ini,” ungkapnya.
Saat ini hampir di setiap negara bagian di Amerika Serikat menjagokan calon presiden yang juga memiliki keturunan Afrika, Barack Obama. Bahkan, dari beberapa kotak pos yang masuk ke tim relawan ada pernyataan dari warga AS yang ingin pergi dari negeri Paman Sam itu jika Obama tak terpilih menjadi presiden.(dml/kcm)

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: