Beranda > Politik > Kemenangan Pertama Obama

Kemenangan Pertama Obama

Kompas-DIXVILLE-Calon presiden partai Demokrat Barack Obama menang telak di Dixville Notch dan Hart’s Location, New Hampshire, Selasa (4/10). Dua kota kecil itu memang memiliki tradisi mengadakan pemilu lebih awal dan hasilnya langsung diumumkan.

Dalam pengumuman melalui pengeras suara di Dixville Notch, Obama mengalahkan calon presiden partai Republik John McCain dengan keunggulan 15-6. Ini untuk pertama kali calon Demokrat meraih kemenangan di Dixville Notch sejak 1968.

Sedangkan di Hart’s Location, Obama meraih 17 suara, McCain kebagian 10 suara dan dua suara untuk Ron Paul, calon condong Republik yang gagal dalam nominasi partai. Calon independen Ralph Nader juga tampil di dua kota tersebut namun ia sama sekali tak mendapatkan suara. Hart’s Location memenangkan setiap calon Republik sejak beralih mengadakan pemilihan awal pada 1996.

Pemilihan pertama di Dixville Notch sudah menjadi tradisi sejak 1948. Pemilihan berlangsung sebelum tengah malam dan 21 hak suara yang terdaftar menggunakan hak suara di menit pertama pemilu Selasa.

Pengelola Kota Rick Erwin mengatakan kota di New Hampshire utara bangga dengan tradisi tersebut. “Dan yang terpenting kehadiran pemilik suara mencapai 100 persen,” katanya.

Sebagai catatan, Presiden George W. Bush juga menang di Dixville Notch pada pemilu 2004, membuka jalannya menuju Gedung Putih untuk kedua kali.

Pemilu AS secara resmi dimulai, Selasa (4/11) waktu setempat. Jadwal pencoblosan di sekitar Negara Bagian Vermont (wilayah timur AS) dimulai pukul 05.00 waktu setempat (Selasa pukul 17.00 WIB) dan diikuti sejumlah negara bagian lain di wilayah timur pada pukul 06.00 atau 07.00.

Pemungutan suara berakhir pukul 19.00-21.00 (Rabu pukul 07.00-09.00 WIB). Batas waktu pemungutan suara dapat mundur sesuai kebijakan otoritas setempat jika atas alasan masih banyak calon pemilih mengantre menjelang waktu penutupan. Siapa presiden AS yang ke-44, John McCain (72) atau Barack Obama (47), bisa diketahui di Indonesia, Rabu (5/11) malam WIB.

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: