Beranda > Politik > Obama dan McCain Bersaing di Ohio dan Pennsylvania

Obama dan McCain Bersaing di Ohio dan Pennsylvania

Washington (ANTARA News) – Dengan hari pemungutan suara tinggal sekitar 24 jam lagi, kampanye kedua calon presiden AS dipusatkan di Ohio dan Pennsylvania sebagai negara bagian sangat penting, demikian laporan media AS, Senin.

Calon presiden dari Partai Demokrat, Barack Obama dan calon wakil presiden dari Partai Republik, Sarah Palin berselang-seling tampil pada Ahad, sementara calon presiden Partai Republik, John McCain kembali ke Pennsylvania, demikian laporan Los Angeles Times, seperti dikutip Xinhua.

Washington Post melaporkan kampanye kedua kubu diperkirakan berakhir dalam waktu berdekatan di Ohio, sesuatu yang bertolak-belakang dengan perjuangan dalam setahun, saat ekonomi yang buruk malah memberi dukungan bagi Obama dan calon lain Demokrat.

Ohio kehilangan 300.000 lapangan kerja di sektor industri pada dasawarsa ini dan penghasilan klas menengah telah anjlok sebesar 3 persen, tapi jajak pendapat memperlihatkan Obama berada pada posisi yang tak jauh berbeda dengan keadaan saat John F. Kerry kalah dari George W. Bush, dengan selisih dua angka dalam pemilihan presiden terakhir.

NBC memberitakan Obama berharap akan menang di Ohio.

Kubu Demokrat telah menghabiskan lebih banyak waktu di Ohio dibandingkan dengan di negara bagian lain sejak meraih pencalonan, tapi itu adalah negara bagian tempat ia sebenarnya tak harus menang.

Kekalahan di Ohio, dan bahkan kekalahan di Pennsylvania, dapat diimbangi oleh kemenangan di tempat lain, seperti North Carolina, Virginia dan Indiana, kata media massa setempat.

Sebagaimana dikutip Wall Street Journal, manager kampanye McCain, Rick Davis, mengatakan Pensylvania, tempat Kerry menang pada 2004, akan menjadi negara bagian paling penting untuk diamati Selasa.

Berjuang hingga akhir

Sementara itu, kampanye Obama dan McCain meningkatkan perjuangan mereka hingga akhir, termasuk operasi besar menjemput suara (GOTV) di lebih dari selusin negara bagian yang menjadi ajang pertempuran, menjawab jutaan telefon, mengirim surat dan mengetuk pintu.

Wall Street Journal melaporkan pertemuan nasional dan negara bagian partai Demokrat menguras lebih banyak uang dibandingkan dengan yang dilakukan partai Republik dalam berbagai operasi lapangan, setelah bertahun-tahun menyerahkan keuntungan dalam pengaturan tingkat lapangan kepada mesin pengumpul suara parta Republik.

Catatan keuangan memperlihatkan partai Demokrat telah menyewa lima sampai 10 kali lipat staf lapangan berbayar di negara bagian yang belum menentukan pilihan dibandingkan dengan parta Republik.

Los Angeles Times menyatakan McCain telah mengincar daerah kaya tepat di sebelah utara Columbus sebagai satu dari 15 wilayah di Ohio, tempat ia perlu menghimpun perolehan suara jika ia ingin mengalahkan Obama pada Selasa di negara bagian yang suaranya harus direbut itu.

Tetapi pada Jumat malam, hanya sembilan relawan yang melayani 24 telpon di kantor kampanye McCain.

Sebaliknya, relawan kampanye Obama telah membanjiri daerah tersebut. (*)

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: