Beranda > Politik > Senator Barack Obama di Ambang Kemenangan

Senator Barack Obama di Ambang Kemenangan

Jakarta (Antara News) – Setelah memperoleh suara meyakinkan di daerah pertama pemungutan suara pada Pilpres AS di kota kecil Dixville Notch, New Hampshire, dengan 15:6 atas Senator John McCain, kandidat presiden dari Partai Demokrat, Senator Barack Obama disebut-sebut berada di ambang kemenangan.

Merujuk dari hasil poling dari 11 poling tingkat nasional dan 24 poling tingkat negara bagian pada Selasa pagi waktu AS bagian terbarat, majalah dwimingguan berhaluan liberal, The New Republic atau sering dikenal TNR, menyebut Barcak Obama tengah berada di ambang kemenangan, bahkan pasti menang dalam kontes menuju Gedung Putih.

Hasil seluruh poling tingkat nasional menunjukkan Obama unggul dengan margin 7 terhadap McCain dan selisih 6,8 poin untuk seluruh poling tingkat nasional dan negara bagian.

TNR memproyeksikan Obama akan memenangkan pemungutan suara di seluruh negara bagian dengan perbedaan suara 6,0 persen terhadap McCain.

Obama juga akan menang di negara-negara bagian yang bukan basis Demokrat seperti Pennsylvania yang dalam dua minggu ini selalu mengunggulkan Obama 8 persen lebih.

TNR memproyeksikan Obama akan memenangkan pemilu 2008 dengan perbedaan suara 6,0 persen terhadap McCain.

Majalah yang disebut-sebut berhaluan kiri tengah atau kadang disebut pembawa kiri baru ini memperkirakan, Obama akan memenangkan seluruh negara bagian yang memilih kandidat Demokrat, John Kerry, pada pemilu 2004.

Obama juga akan menang di negara-negara bagian yang bukan basis Demokrat seperti Pennsylvania yang dalam dua minggu ini selalu mengunggulkan Obama 8 persen lebih besar dibanding McCain.

Obama juga hampir pasti memenangkan negara-negara bagian Iowa dan New mexico yang pada pemilu 2000 lebih memilih kandidat Demokrat, Al Gore.

Jika digabungkan maka Obama akan menghimpun 264 “electoral vote” dari seluruh negara bagian yang pasti dimenangkannya itu sehingga ia membutuhkan 5 atau 6 electoral vote lagi untuk mencapai 270 electoral, yaitu batas untuk memenangkan pemilu.

Dan kemungkinan Obama akan mudah mendapatkan tambahan lima atau enam kekurangan suara itu dari negara-negara bagian yang diperkirakan akan memberikan suara untuk Obama.

Negara-negara bagian itu adalah Colorado, Virginia, Nevada, Ohio, Florida, North Carolina, Missouri dan Indiana. Di negara-negara bagian ini Obama menjadi pilihan favorit penduduk. McCain mungkin bisa memenangkan salah satu negara bagian ini, tapi sangat sulit menang di semua negara bagian itu.

Dari 35 poling yang dilakukan di tingkat nasional dan negara bagian, hanya 7 poling yang memenangkan Obama, dan tidak ada satu poling nasional yang mengunggulkan McCain. TNR memperikirakan kemungkinan McCain memenangkan pemilu hanya 1,9 persen.

Sebelas lembaga poling yang memenangkan Obama Selasa pagi waktu AS diantaranya adalah ABC/Washington Post, CBS/New York Times, FOX dan NBC/Wall Street Journal, sedangkan 17 dari 24 poling tingkat negara bagian yang memenangkan Obama diantaranya adalah Strategic Vision.

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: