Beranda > Daerah > Kelanjutan MBH-Gate, Yal Siap Diperiksa

Kelanjutan MBH-Gate, Yal Siap Diperiksa

MANADO-ManadoPost
Surat ijin pemeriksaan (SIP) yang dimohonkan Kejaksaan Agung ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk pemeriksaan Ketua DPR Sulut Syachrial Damopolii, Wagub Freddy Sualang, Wawali Manado Abdi Buchari (MBH-Gate) dan Wabup Minahasa Jantje Sajouw (DAK Diknas) dikabarkan telah turun. “Saya lihat SIP Wagub dan Wawali sudah ada,” ungkap sumber. Ketua DPR Sulut Drs Syachrial Damopolii mengaku belum menerima SIP. “Saya belum menerima SIP,” aku Yal, sapaannya. Menariknya, menurut Yal, SIP untuk Wagub Sualang dan Wawali Manado Abdi Buchari, diketahuinya sudah ada. “Kalau itu kita so dengar, cuma pa kita belum. Nintau, belum ada atau belum terima. Kalau kita yang kase kaluar bukan presiden, kalau wali kota dan gubernur baru presiden,” jelas Yal.
Apakah siap diperiksa jika SIP sudah turun ? “Siap. Sedang nda ada SIP kita siap diperiksa,” jawab Yal lantang.
Wagub Sualang juga mengaku belum menerima. “SIP MBH Gate belum saya terima,” ujar Sualang seraya tak menampik, kabar SIP MBH Gate sudah ada. “Kita memang baru dengar-dengar kalo SIP so ada,” tambahnya.
Yang pasti, tegas Sualang, dirinya siap menjalani pemeriksaan sehubungan turunnya SIP. Menurutnya, sebagai warga negara yang taat hukum harus siap untuk diperiksa sehubungan kasus MBH Gate. Apalagi masalah ini sudah berjalan bertahun-tahun lamanya.
Wakil Wali Kota Manado Abdi Buchari menegaskan, masalah yang sudah lama terjadi ini sebagai warga negara yang taat hukum tetap menghormati proses. ”Mengenai SIP MBH, jangan berpolemik. Kalau ada pemeriksaan mengenai kasus tersebut harus siap dijalani,” ujar Abdi tanpa menjelaskan SIP sudah diterima atau belum.
Ia menambahkan, sebenarnya kasus MBH sudah berjalan sesuai prosedur pemeriksaan. ”Saat ini ada yang lebih mengetahui mengenai kasus MBH tersebut, dan itu pastinya dapat diselesaikan oleh penegak hukum,” jelas Abdi.
Senada diungkapkan Wabup Minahasa Jantje Sajow terkait kasus dugaan korupsi Dana Alokasi Khusus 2006. “Sebagai seorang birokrat saya sudah siap diperiksa sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku di Indonesia ,” ujar Sajow kemarin kepada wartawan koran ini.
Menurutnya, saat ini bendahara DAK 2006 sementara disidang dan keputusan sidang itu sangat menentukan kasus yang dihadapinya. “Pada intinya saya siap menjalani pemeriksaan dan tidak ada kata keberatan ataupun menolak,” tegasnya.
Sementara itu kuasa hukum Wakil Bupati Minahasa Judi Robot SH, menegaskan pada prinsipnya Wakil Bupati tetap kooperatif selama ini bahkan kalau SIP Presiden sudah keluar maka kami tetap menghormati proses hukum. “Seharusnya proses hukum Katherine sudah diputuskan di pengadilan negeri dulu barulah wakil bupati diperiksa,” ungkap Robot.
Benarkah SIP sudah ada? Kapuspenkum Kejagung Jasman Pandjaitan mengaku belum mendapatkan info. Menurutnya, dirinya telah mengecek ke direktur penyidik pidana khusus tapi belum. “Saya belum dapat info,” katanya.
Juru bicara KPK Johan Budi menegaskan, kasus MBH masih tetap ditangani kejaksaan. Kedatangan KPK ke Kejati Sulut belum lama ini, menurut Johan, hanya sekadar supervisi dan koordinasi kasus korupsi. Salah satunya MBH-gate. Ditanya peluang MBH-gate diambilalih KPK, Johan Budi enggan berkomentar lebih jauh.

  1. Drs Fecky Tulangow
    Desember 19, 2008 pukul 11:40 pm

    Kasus MBH gate dan DAK DIKNAS Minahasa cepat saja di proses karena masyarakat merasa resah “kenapa kasus lain sudah ada penetapan tersangka dan maso bui dan masalah Kasus MBH gate dan DAK DKNAS Minahasa belum ada titik terang

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: