Beranda > Teknologi > Mobil Dinas Obama, Limo Lapis Baja

Mobil Dinas Obama, Limo Lapis Baja

Harian Komentar
USAI dilantik sebagai Presiden AS tanggal 5 Januari 2009 mendatang, Barack Hussein Obama akan menggunakan mobil kepresidenan yang baru, yaitu Cadillac limosin hitam. Sedangkan mobil kepresidenan yang dipakai George W Bush kemungkinan akan dimusnahkan.

Mobil untuk Obama ini sendiri bukan pernyataan resmi Gedung Putih. Melainkan analisis seorang fotografer investigatif khusus tentang mobil-mobil yang akan diluncurkan, dikembangkan (masa depan) oleh produsen otomobil di Amerika Serikat, Chris Doane.

Hebatnya lagi, Chris mengetahui mobil tersebut sudah dites dan berhasil menjepretnya pada musim panas yang lalu. Waktu itu ia membuat kesimpulan, Cadilac limo yang sedang dites di jalan umum itu, akan digunakan sebagai kendaraan kepresidenan Amerika Serikat yang akan datang. Waktu itu, Barack Obama belum terpilih sebagai presiden, masih bersaing dengan rekan separtainya, Hillary Clinton.

Menjelang pemilu Amerika Serikat, tepatnya pada 30 Oktober 2008 sempat muncul tulisan tentang ‘Presidential Power on the Road’ di ‘The New York Times’ (NYT) yang ditulis oleh Gregg D Merksamer. New York Times pun menampilkan foto Cadillac Limo hasil jepretan Chris Doane yang masih dikamuflase. Waktu itu NYT hanya menulis, tentang mobil yang akan disiapkan untuk Obama atau McCain.

Namun setelah Barack Obama terpilih sebagai presiden, muncul lagi cerita tentang mobil yang akan digunakan nanti selama menjalankan tugas kepresidenan oleh majalah otomotif lainnya. Tidak mudah bagi wartawan Amerika Serikat untuk mendapatkan data Cadillac yang digunakan sebagai mobil presiden, baik yang sekarang ini mau pun yang akan datang. Pihak berkepentingan, baik pembuat mau pun petugas rahasia yang menangani mobil, semuanya tutup mulut.

Mengingat mobil kepresidenan sekarang sudah digunakan sejak 2005, para pemburu berita memastikan, pada pemerintahan yang akan datang mobil presiden akan diganti. Karena sulitnya mendapatkan informasi dan data, Gregg D Merksamer yang menekuni tentang mobil presiden selama hampir 30 tahun, hanya mengulas berdasarkan pengamatannya melalui video klip berita televisi.

Menurut Chris Doane – sang fotografer yang berhasil menjepret mobil yang akan digunakan oleh Obama, sewaktu dites, limosin kepresidenan AmerikaSerikat tersebut dasarnya adalah GMC Topkick, truk berukuran sedang buatan GMC. Kesimpulannya didasarkan pada ban Goodyear 19,5 inci Regional RHS yang digunakan limo ini. Dengan ini pula ia menyimpulkan bobot Cadillac untuk presiden tersebut lebih berat dari versi untuk umum.

Menurut Gregg Merksamer, Cadillac limo yang digunakan GW Bush bodinya dibuat pelat baja dengan ketebalan paling kurang 5 inci (12,7 cm), hampir dua kali lebih tebal dari limosin presiden pada 1980-1990. “Saya tidak tahu ketebalan kaca pengaman mobil tersebut. Namun kaca setengah inci cukup untuk menahan peluru magnum 0,44. Bila ketebalannya 1,25 – 1,5 inci, peluru dari senjata laras panjang tidak akan bisa menembusnya,” ulas Gregg.

Dijelaskan, untuk menahan peluru, bagian pertama dari bodi dibuat dari materi yang keras. Setelah itu ditambahkan lunak untuk menyerap energi peluru. Material tradisional adalah dua lembar baja yang diperkuat dengan aluminium, titanium dan keramik. Kini mobil konvertibel atau dilengkapi dengan sunroof sudah jarang digunakan untuk kepresidenan. Presiden juga membatas interaksinya dengan publik saat berada di dalam mobil. Pada mobil-mobil presiden sekarang, meski kondisinya tertutup rapat, kehadiran presiden bisa diketahui dengan menghidupkan lampu interior. Dengan cara ini wajah presiden akan jelas terlihat dari luar.

Mobil presiden juga dilengkapi dengan pengikat khusus pada sasisnya. Tujuannya, bila mobil ini dibawa ke luar negeri saat kunjungan kenegaraan, bisa dibawa dengan pesawat jet barang militer. Di samping itu juga ada mobil khusus untuk cadangan dan pancingan. Kendati limo presiden sangat menarik bagi kolektor, kenyataannya tidak satu pun bekas mobil Gedung Putih jatuh ke tangan pribadi. Ketika habis masa pakainya, mobil itu dihancurkan atau digunakan sebagai latihan pasukan rahasia.

Begitulah cara negara adidaya itu menjaga kerahasiaan mobil presidennya!

Iklan
  1. Pandang Silalahi
    Januari 23, 2009 pukul 2:43 pm

    MAU TUH BEKAS MBLNYA OBAMA

  2. daffa
    Januari 24, 2009 pukul 8:46 pm

    oh my god! i hope the car which not use again, for me, okey!!!send to indonesia. plese, help us!!! i want to send you “bakso” from Menteng, Indonesia….and “nasi jamblang Mang Dul cirebon….

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: