Beranda > Amerika > Obama Galang Demokrasi Berbasis Web

Obama Galang Demokrasi Berbasis Web

Washington – Presiden terpilih Amerika Serikat, Barack Obama memulai langkah membangun demokrasi 2.0, demokrasi interaktif yang melibatkan partisipasi publik via internet. Presiden berdarah Kenya yang dikenal melek teknologi ini membuka forum publik di situsnya untuk meminta saran pada rakyat mengenai kebijakan pemerintahannya.

Situs resmi Obama dalam masa transisi sampai dia dilantik sebagai presiden AS pada 20 Januari 2009, yakni change.gov, mengundang para pengakses untuk memberikan pandangannya mengenai berbagai topik. Sebagai permulaan, topik diskusi adalah soal permasalahan dalam sistem layanan kesehatan di AS.

Jalannya diskusi online ini dimungkinkan dalam fitur baru di situs itu yang bernama ‘Join the Discussion’. Untuk memulai debat, ditampilkan video dua anggota tim Obama dari Health Policy Transition Team, yang membahas tentang prioritas Obama soal masalah kesehatan.

Pengakses pun diminta melakukan diskusi online secara santun karena tidak seperti situs pemerintah lainnya, komentar yang masuk di situs Obama ini tidak disaring. Dan 24 jam setelah peluncuran, lebih dari 2000 komentar sudah menyesaki forum tersebut.

Langkah Obama menerapkan demokrasi via internet ini pun dipuji berbagai pihak. Menurut Micrah Sifry, pendiri blog politik TechPresident, langkah ini adalah permulaan hebat untuk membuat pemerintahan Amerika yang lebih terbuka.

Adapun presiden Barack Obama sendiri dalam sebuah kesempatan wawancara menegaskan bahwa dia memang ingin memastikan posisinya sebagai presiden tidak membuatnya terisolasi dari rakyatnya.

“Salah satu hal paling buruk yang terjadi pada presiden adalah kehilangan kepekaan terhadap apa yang dijalani rakyat sehari-hari,” kata Obama yang dilansir AFP dan dikutip detikINET, Kamis (27/11/2008).

  1. Oktober 5, 2014 pukul 6:05 pm

    You are so awesome! I do not think I’ve read through anything
    like this before. So good to discover somebody with a few unique thoughts
    on this subject. Really.. thank you for starting this up.
    This web site is something that is needed on the internet, someone with some originality!

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: