Beranda > Asia > Pelaku Teror Mumbai, Teroris Usia Muda dengan Organisasi Baru

Pelaku Teror Mumbai, Teroris Usia Muda dengan Organisasi Baru

Mumbai-Komentar.
PELAKU teror di Mumbai (India) yang menewaskan sekitar 101 orang Rabu malam (26/11), sebagian besar adalah anak muda berusia 20-an tahun. Nama organisasi mereka juga tergolong baru, yakni “Deccan Mujahideen”. Tujuan aksi mereka adalah sebagai bentuk protes terhadap apa yang terjadi di Kashmir.

Pelaku teror bernama Imran dalam bahasa urdu dengan aksen Kashmir dalam pernyataannya yang disiarkan India TV, mengeluhkan perilaku militer yang sewenang-wenang di Kashmir. Militer India dituduh telah membunuh dengan kejam warga komunitas muslim di kawasan tersebut.

“Apakah Anda peduli berapa orang yang sudah dibunuh di Kashmir? Apakah Anda peduli bagaimana tentara Anda membunuh muslim. Apakah Anda peduli berapa banyak yang mereka bunuh minggu ini?” katanya.

Perdana Menteri India, Manmohan Singh menuduh pelaku yang melancarkan serangan di Mumbai, terkait jaringan teroris dari luar India. Serangan di 10 titik secara serentak dan menewaskan lebih dari 101 orang, sepertinya diatur secara rapi dan terencana. “Ini serangan yang sangat terencana dan diatur dengan rapi, mungkin terkait dengan jaringan eksternal, ditujukan untuk menciptakan teror dengan memilih target yang terkenal,” ujar Singh dalam pernyataannya.

Pasukan angkatan laut India telah menemukan sebuah kapal kargo yang mungkin digunakan untuk mengangkut para teroris tersebut ke India. Juru Bicara AL India, Kapten Manohar Nambiar mengatakan, kapal bernama MV Alpha diketahui berasal dari Karachi, Pakistan ke Mumbai tak lama sebelum serangan terjadi.

Sedangkan kelompok muslim militan garis keras di Pakistan, Laskar E Taiba, menyangkal keterlibatannya dalam serangan teror mematikan di Mumbai, India. Pernyataan ini dikeluarkan tak lama berselang setelah Perdana Menteri India, Manmohan Singh menuduh serangan ini terkait jaringan teroris dari luar India.

“Laskar E-Taiba sungguh mengutuk serangkaian serangan di Mumbai. Laskar tidak memiliki hubungan sama sekali dengan kelompok militan India,” ujar Abdullah Gazvanai, ketua kelompok militan tersebut, seperti dilansir Reuters. Selama ini, Laksar E-Taiba sering dituduh sebagai pelaku sejumlah serangan teror di India. Kelompok garis keras di India juga sering dikaitkan dengan kelompok-kelompok militan di Pakistan atau Bangladesh.

Kategori:Asia Tag:, , , ,
  1. Way Chack
    November 29, 2008 pukul 10:29 pm

    saya ingin tau apa benar teror dimumbai ini ada kaitannya dan al qaeda !
    jika ada tolong segera kabarin saya !
    terima kasih !
    tp kalo menurut saya teror ini tidak ada kaitannya dgn al qaeda !
    sebab sebagian besar yg terbunuh bukanlah warga asing ( Inggris , As , Australia ) melainnya justu warga lokal India sendiri !
    ini berbeda dgn aksi al qaeda sendiri !
    ini bisa terlihat dari teror bom diBali !
    Yg mana sebagian besar korbannya adalah warga asing bukan warga lokal bali !
    mereka tau siapa yg harus diburu bukan memburu secara membabi buta !
    ini berbeda dgn teror yg terjadi diMumbai !

  2. FATHI DISA
    November 30, 2008 pukul 2:29 pm

    Pembahasan setelah aksi teror dipenuhi dengan berita/pernyataan tentang akibat teror tersebut, misalnya korban jiwa, ketakutan, kerusakan dll. Tapi sangat sedikit yang menggali informasi/berita mengapa aksi teror tersebut terjadi. Ujung-ujungnya adalah tuduhan dan lebih banyak mendiskriditkan dan memojokan kaum muslimin, harus kita akui banyak kejadian teror memang pelakunya kebanyakan kaum muslimin, tapi juga harus dilihat kaum muslimin juga merupakan umat yang paling banyak menjadi korban penjajahan modern. Jadi ada aksi tentunya ada reaksi, yang terpenting adalah bagaimana mencari akar permasalahan sesungguhnya, bukan hanya menuduh?

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: