Beranda > Daerah, Kesehatan > Seorang PNS Minsel Positif Idap HIV/AIDS

Seorang PNS Minsel Positif Idap HIV/AIDS

Amurang, KOMENTAR
Informasi dari KPAD Sulut yang diperkuat data dari Dinas Kesehatan Minahasa Selatan menyebutkan, tak kurang 17 orang Minahasa Selatan tercatat positif tertular virus HIV/AIDS. Dan satu di antaranya berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Kadis Kesehatan Minsel, Dr Dirk Lengkong menyatakan, seorang PNS yang beralamat Minsel terjangkit penyakit mematikan tersebut merupakan informasi dan data yang disodorkan KPAD Sulut soal jumlah warga yang kena HIV/AIDS.

Meskipun demikian, pihaknya enggan membeberkan identitas penderita virus mematikan tersebut. “Apakah laki-laki atau perempuan tapi yang penting pekerjaannya adalah PNS,” kata Lengkong.

Sementara itu Pemkab Minsel melalui juri bicara Andre Winowatan SSTP mengatakan, informasi itu bila saja benar tentunya menjadi tanda awas bagi kalangan PNS. “Terlebih dalam melaksanakan kehidupan sehari-hari,” kata Winowatan seraya mengatakan bahwa, informasi itu akan menjadi bahan pertimbangan pemkab untuk melaksanakan program tes HIV/AIDS bagi jajaran pemerintahan Minsel.(bly)

Iklan
  1. asmarsampepolan
    Desember 3, 2008 pukul 2:53 pm

    secara pribadi, The Second Level of Prevention (Early Diagnosa and Prompt Treatment) dalam hal ini Sreening yang tujuannya adalah memilah orang yang benar-benar sakit diantara mereka yang sehat telah/akan dilaksanakan pada suatu kategori populasi, test HIV-AIDS itu baik untuk mendeteksi secara dini Orang yang Hidup dengan AIDS, namun masyarakat perlu tahu bahwa Kasus AIDS secara Epidemiologi adalah sebuah Penomena Gunung Es dimana nampak jumlah kasus dipermukaan adalah lebih kecil daripada kasus yang sebenarnya, lantas apa tindakan saudara/i, anda dan saya menanggapi hal tersebut. Kembali kepada Prilaku Sehat. Menurut H.L Blum Bahwa Derajat Kesehatan individu/masyarakat (konsep Sehat-Sakit) dipengaruhi oleh 4 faktor yaitu Prilaku, Lingkungan, Pelayanan Kesehatan dan Genetik; dimana faktor ‘prilaku’ paling dominan diantaranya. Bagaimana merubah prilaku;apakah semudah membalikkan telapak tangan;Introspeksi Diri…

    Kemudiaan Latar Belakang Ekonomi, Pendidikan, Keharmonisan Keluarga dan Peran Institusi Keagamaan… dalam Pencegahan Tahap I ?…

    ASMAR S. POLAN, S.KM
    Alumni Fakultas Kesehatan Masyarakat-Universitas Hasanuddin Jurusan Epidemiologi

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: