Beranda > Ekonomi > Wapres pastikan BBM turun mulai Januari Idealnya Bensin dan Solar Kembali Rp 4.500 per Liter

Wapres pastikan BBM turun mulai Januari Idealnya Bensin dan Solar Kembali Rp 4.500 per Liter

Jakarta, KOMENTAR
Wakil Presiden (Wapres) telah memastikan, harga premium dan solar akan mulai diturunkan Januari 2009. Namun harganya belum diketahui. Cuma saja, banyak kalangan menilai, harga ideal bensin dan solar sudah seharusnya Rp 4.500 per liter, atau dikembalikan ke harga lama.

“Kalaupun harga baru premium dan solar Rp 4.500 per liter, pemerintah masih menerima keuntungan dan termasuk dengan PPh,” kata pengamat energi Marwan Batubara, di Jakarta, Senin (08/12). Tidak hanya itu, pemerintah diminta untuk tidak mengkaji dan melakukan perhitungan terlalu lama terkait rencana kembali menurunkan harga premium dan solar. Pasalnya, perhitungan harga baru premium sudah ada formulasinya, sebagaimana pemerintah menaikkan harga premium di saat kenaikan harga minyak dunia. “Tidak ada yang sulit, karena yang ditunggu masyarakat adalah komitmen dan kemauan pemerintah,”paparnya.

Marwan mengatakan, menurunkan harga premium seperti diawal dinilai sebagai upaya menyelamatkan dunia usaha atau sektor industri dari ancaman PHK akibat dampak krisis keuangan global. Pasalnya, dengan menurunkan harga premium, dunia industri bisa menekan biaya produksi sekitar 15-20 persen.

“Berkah turunnya harga premium dan solar akan multiplier effect bagi masyarakat, salah satunya biaya transportasi,” ungkap Marwan. Dia berharap pengusaha transportasi atau angkot bisa merespons turunnya harga premium dengan menurunkan tarif transportasi. Pasalnya, dengan penurunan harga premium, maka yang diuntungkan tidak hanya pengguna jasa transportasi tetapi juga industri transportasi yang bisa menekan biaya produksi dan belanja.

Selain itu, pemerintah bersama kepolisian didesak untuk segera mengawasi penyaluran premium, bilamana harga baru diberlakukan. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kelangkaan premium pascaterjadinya penurunan harga premium.

Sedangkan Wapres Jusuf Kalla dalam pernyataannya Senin (08/12) kemarin menegaskan, premium dan solar diturunkan Januari. “Untuk premium ya, Januari lah, juga solar,” ujar Kalla usai menyerahkan kurban di Kantor DPP Golkar, Jalan Anggrek Neli Murni, Slipi, Jakarta Barat.

Seperti diketahui, pemerintah per 1 Desember sudah menurunkan harga premium Rp 500 menjadi Rp 5.500. Harga tersebut sudah mencapai keekonomiannya.

Sementara solar hingga kini adalah Rp 5.500 per liter. Dirjen Migas Evita Legowo beberapa waktu lalu mengatakan, harga solar tersebut masih cukup jauh dari harga keekonomiannya yang mencapai Rp 6.900 per liter.

Kalla mengakui, untuk premium memang sudah tidak disubsidi lagi. Hal ini dikarenakan konsumen premium umumnya mobil-mobil pribadi milik orang mampu.

“Memang sekarang kita tidak akan subsidi lagi, kita akan subsidi terhadap sektor yang benar-benar komersial itu ada di solar. Sedangkan premium kan lebih banyak ke mobil pribadi kalau yang komersial ada truk pengangkut, mana ada sedan yang memakai solar?” jelasnya.

Kalla pun kembali menjelaskan, untuk penurunan harga BBM adalah mempertimbangkan sejumlah hal antara lain harga di internasional dan berapa besar subsidi. Hal lain yang menjadi faktor penentu penurunan harga adalah pertemuan OPEC pada tanggal 15 Desember mendatang.

“Mengenai perhitungannya nanti kita tetapkan kemudian setelah ada rata-rata dari harga terakhir yang dihitung tapi kita tunggu juga harga 15 ini OPEC mau apa. Jadi harga be-lum bisa ditentukan sekarang,” pungkas Kalla.

Iklan
  1. Yudi
    Desember 27, 2008 pukul 11:57 pm

    Sepatutnya bbm premium pada harga Rp 4000,- pakdhe. Mergone Indonesia punya pertambangan bbm sendiri dan harga bbm diluar lebih murah dari indonesia sekarg ini.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: