Beranda > Daerah > Puluhan rumah dan gereja dibakar

Puluhan rumah dan gereja dibakar

Jakarta, KOMENTAR
Proses penyelesaian kerusuhan di Masohi masih dalam tahap dialog. Meski demikian Kapolri Jenderal Bambang Hendarso Danuri (BHD) yakin kondisi keamanan kota kecil di Maluku Tengah itu sudah cukup kondusif.
“Tidak ada (bakar-bakaran). Insya Allah semua kondusif,” kata BHD dalam rapat kerja dengan Komisi III DPR RI di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (10/12).

Pada kesempatan sama Kadiv. Humas Mabes Polri R Abu Bakar Nataprawira membantah pihaknya melakukan penangkapan di luar Propinsi Maluku Tengah. Menyinggung hasil pemeriksaan terhadap pihak yang diduga sebagai pemicu kerusuhan, dia menyatakan prosesnya masih terus berlangsung.

“Dia pemicu, tapi pemicu bukan berarti perusak,” imbuh Abu Bakar.

Akibat kerusuhan dua orang mengalami luka berat dan empat orang luka ringan, tapi tidak ada korban jiwa yang jatuh. Sedangkan kerusakan meliputi dua unit sepeda motor, dua mobil angkutan umum, satu balai desa, satu puskesmas dan 42 rumah serta gereja non-permanen.

Salah satunya adalah Gedung Gereja Siloam, Jemaat Gereja Protestan Maluku (GPM) Letwaru yang tinggal puing dibakar. Hingga kemarin, kepolisian memeriksa intensif dua orang tersangka kasus kerusuhan Masohi, Maluku Tengah. Seorang disangka sebagai pemicu keru-suhan dan seorang lagi sebagai provokator kerusuhan.

“Pokoknya dua sudah ada yang dijadikan tersangka,” ungkap BHD.

Penetapan terhadap dua orang itu sebagai tersangka dikarenakan ada pihak yang diduga mencoba melakukan provokasi terhadap massa. Sedangkan tersangka lainnya masih dalam proses pendalaman penyelidikan.
“Kita bertindak tegas ber-dasarkan fakta hukum. Tidak mungkin kita bertindak tidak berdasarkan fakta hukum. Kita tidak mungkin mengulangi kekeliruan,” jawabnya tentang kemungkinan salah tangkap.

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: