Beranda > Ekonomi > Daftar Orang Terkaya versi Majalah Forbes

Daftar Orang Terkaya versi Majalah Forbes

 

DAFTAR orang terkaya di Indonesia berubah seiring dengan krisis perekonomian global. Buktinya, Aburizal ‘Ical’ Bakrie yang tahun lalu menempati peringkat pertama orang terkaya Indonesia, di tahun 2008 ini terpental ke posisi ke sembilan. Sedangkan Sukanto Tanoto berhasil bertengger di tangan teratas orang terkaya di Indonesia. Demikian laporan Majalah Forbes Asia dalam siaran persnya di Singapura, Kamis (11/12).

Majalah itu menyatakan kekayaan netto Indonesia merosot drastis dengan pasar modal yang anjlok sekitar 54 persen dari tahun sebelumnya. Harga komoditas merosot dan rupiah yang melemah hampir seperempat nilainya dibandingkan tahun lalu.

Sementara itu, total kekayaan bersih dari 40 orang terkaya di Indonesia anjlok hampir 50 persen dari tahun lalu, sehingga totalnya kini sekitar US$ 21 miliar dibandingkan setahun sebelumnya yang sebesar US$ 40 miliar. Sukanto Tanoto, yang pernah di puncak daftar orang kaya Forbes Asia pada 2006, tahun ini mendapat titel sebagai orang ter-kaya di Indonesia dengan kekayaan netto US$ 2 miliar, nilai yang sebenarnya turun sekitar 57 persen dari tahun lalu yang tercatat US$ 4,7 miliar.

Tanoto saat ini menjalankan RGM International yang memiliki produsen pulp dan kertas (April) dan produsen minyak kelapa sawit Asian Agri, keduanya terimbas harga komoditas yang jatuh. Aburizal Bakrie kini di nomor 9 dengan kekayaan US$ 850 juta. Tahun sebelumnya Bakrie sebagai orang asli Indonesia pertama terkaya di negeri ini.

Nilai kekayaan Bakrie anjlok lebih dari US$ 4,5 miliar dari US$ 5,4 miliar pada 2007. Kemerosotan kekayaannya itu yang terbesar dalam daftar orang kaya tahun ini. Saham-saham perusahaan keluarga Bakrie telah jatuh sekitar 90 persen karena para bankir khawatir terulangnya krisis finansial 1997-1998 dan tidak mau berisiko atas pinjaman kepada grup usaha Bakrie senilai miliaran rupiah.

Saat wawancara dengan Forbes Asia, Bakrie mengritik rumor adanya permusuhan dan skandal menyedihkan dalam pemulihan grupnya. Tahun ini yang menempati peringkat kedua dan ketiga adalah Hartono bersaudara, R Budi dan Michael, yang memiliki Djarum, produsen rokok terbesar kedua Indonesia.

Berikut daftar orang terkaya di Indonesia, yang nilai kekayaannya dihitung menggunakan harga saham dan nilai tukar pada 28 November. Sedangkan perusahaan tertutup dinilai dengan membandingkan perusahaan publik yang serupa.

Daftar 10 besar orang terkaya di Indonesia

  1. Sukanto Tanoto, US$ 2 miliar (Rp24 Triliun)
  2. R. Budi Hartono, US$ 1,72 miliar (20,6 Triliun)
  3. Michael Hartono, US$ 1,68 miliar (19,1 Triliun)
  4. Putera Sampoerna, US$ 1,5 miliar (18 Triliun)
  5. Martua Sitorus, US$ 1,3 miliar (15,6 Triliun)
  6. Peter Sondakh, US$ 1,05 miliar (12,6 Triliun)
  7. Eddy William Katuari, US$ 1,04 miliar (11,4 Triliun)
  8. Eka Tjipta Widjaja, US$ 950 juta (11,3 triliun)
  9. Aburizal Bakrie, US$ 850 juta (10,2 Triliun)
  10. Murdaya Poo, US$ 825 juta. (9,9 Triliun)

<sumber: Harian Komentar>

Iklan
Kategori:Ekonomi
  1. nun1k04a
    Desember 12, 2008 pukul 10:46 am

    Promosikan artikel anda di http://www.infogue.com%3c/a>. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema, Musikgue & game online untuk para netter Indonesia. Salam!
    http://gaya-hidup.infogue.com/daftar_orang_terkaya_versi_majalah_forbes

  2. tahucampur
    Desember 13, 2008 pukul 12:40 am

    meskipun, kekayaan bakrie turun ke peringkat ke-9 dari daftar 10 besar orang terkaya di indonesia, tapi masih tetep 10 besar low…. Dan malahan bisa di pake untuk nego ulang dengan pemerintah tentang permasalahan mereka. mungkin nego masalah pajak, naker, PHK, dll.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: