Beranda > Daerah > Konsolidasi di Pastori, Oknum Caleg Dilapor ke Panwas

Konsolidasi di Pastori, Oknum Caleg Dilapor ke Panwas

Tomohon, KOMENTAR
Ketua Panwaslu Kota Tomohon, Jack Budiman SH menyatakan pihaknya telah menerima laporan mengenai penggunaan pastori sebagai tempat konsolidasi, yang dilakukan oleh salah satu calon legislatif (caleg). Laporan tersebut menurutnya, diterima dari seorang warga bernama Yosis Ngantung, pada tanggal 9 Desember 2008 lalu.

”Dalam laporannya, Ngantung menyebutkan bahwa seorang caleg di Matani berlatar belakang pendeta menggunakan pastori sebagai tempat berkumpul untuk konsolidasi dan membagi-bagi panji,” ungkap Budiman kepada Koran ini, Jumat (12/12).

Selain itu, Panwaslu juga menerima laporan dari seorang warga bahwa ada seorang caleg yang merupakan oknum kepala desa, telah menggunakan rumahnya sendiri sebagai tempat pemasangan atribut partai. “Meski kedua laporan tersebut sudah diterima, namun kami belum bisa mengambil tindakan karena para pelapor belum memiliki saksi. Untuk itu, kami mengharapkan para pelapor dapat melengkapi laporannya,” imbau Budiman.

Sementara itu, Sekretaris Panwaslu Kota Tomohon, Edison Mamuaja menjelaskan apabila laporan sudah dilengkapi pihaknya akan segera turun lapangan untuk melakukan crosscheck. Jika ditemukan pelanggaran, maka Panwaslu akan meneruskannya ke Polres atau KPU. “Jika yang ditemukan hanya pelanggaran administrasi akan diteruskan ke KPU,” terangnya.

Ditambahkan Mamuaja, belakangan ini Panwaslu Tomohon juga menerima laporan mengenai aksi bagi-bagi sembako yang dilakukan sejumlah caleg. Namun laporan tersebut belum ditindaklanjuti karena belum disertai dengan saksi.

“Bagi warga yang melihat keganjilan diharapkan dapat secepatnya melapor ke Panwaslu. Tapi ingat, laporan harus disertai dengan data akurat seperti dua orang saksi, foto, atau rekaman suara/video,” katanya.

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: