Beranda > Daerah > Mulai ‘Gentayangan’, Calo CPNS Incar Pelamar

Mulai ‘Gentayangan’, Calo CPNS Incar Pelamar

Bitung, KOMENTAR
Aksi calo CPNS dikabarkan mulai ‘gentayangan’. Diperoleh informasi, modus operandi para calo CPNS ini mengincar para pelamar sambil mengiming-imingi pelamar bisa lolos, dengan catatan menyiapkan uang pelicin sebesar Rp20 juta sampai Rp 30 juta.

“Dari informasi yang kami dengar para calo CPNS meminta pelamar menyiapkan uang pelicin sebesar puluhan juta jika ingin lolos. Mereka (calo, red) bisa membantu asalkan uang tersebut tersedia sebab mereka mempunyai jatah dalam penerimaan itu,” ungkap sumber yang enggan namanya dikorankan.

Sementara itu, Pemkot Bitung melalui Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD), Fabian Kaloh SIP MSi ketika dikonfirmasi mengaku kaget dengan adanya aksi para calo yang diduga dilakoni oleh oknum PNS. Namun Kaloh berjanji akan menelusuri hal tersebut.

“Saya baru mengetahuinya dari wartawan dan ini akan ditelusuri pelakunya dengan dibentuknya tim untuk mencari tahu oknum PNS mana yang berani melakukannya,” tandas Kaloh. Dikatakan Kaloh, diimbau juga kepada CPNS untuk mewaspadai para calo ini, jangan percaya dengan iming-iming menjadi CPNS asalkan menyediakan uang puluhan juta. Sebab da-lam sistim penerimaan CPNS ini sama seperti dua tahun te-akhir, menggunakan sistim komputerisasi serta pengawasan yang melibatkan pihak aparat dari Mapolresta Bitung. Selanjutnya pemeriksaan hasil ujian akan dilakukan dengan menggunakan sistim komputerisasi. Sedangkan pengawasannya akan melibatkan aparat Polres Bitung.

“Proses dalam penerimaan ini dilakukan secara transparan, serta dalam pengawasan ketat aparat kepolisian. Jadi tidak ada istilah jatah-jatahan dan jangan termakan dengan iming-iming tersebut,” tegas Kaloh.

Sementara itu, pelaksanaan tes tertulis bagi para CPNS yang akan dilangsungkan Selasa (16/12) hari ini akan dilangsungkan di dua sekolah masing-masing, SMPN 2 Bitung dan SMAN 2 Bitung. Pelaksanaan ujian tertulis nanti akan dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Bitung, Robert K Lahindo SH MSi. Sedangkan perserta yang akan mengikuti ujian nanti berjumlah 990 pelamar termasuk yang sudah melengkapi berkasnya dan mengambil kartu ujian yang meliputi tenaga guru sebanyak 127 pelamar, tenaga kesehatan 223 pelamar dan 640 pelamar tenaga teknis tertentu.

“Ujian tertulis tersebut akan dimulai pada pukul 08.30 WITA serta bakal mendapat pengawasan ketat dari aparat Kepolisian Polres Bitung, diharapkan peserta wajib hadir se-tengah jam sebelum pelaksanaan dimulai dengan menyediakan berbagai kelengkapan seperti pensil dan lain-lain,” kunci Kaloh.(ipa)

Iklan
Kategori:Daerah Tag:, ,
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: