Beranda > Daerah > Gempa Manokwari, 34 Gereja Rusak, 8 Jembatan Amblas

Gempa Manokwari, 34 Gereja Rusak, 8 Jembatan Amblas

Manokwari, KOMENTAR
Gempa yang mengguncang Manokwari, Papua Barat tak hanya meruntuhkan puluhan fasilitas umum, tapi juga melumpuhkan arus transportasi di daerah itu. Sebab, 8 jembatan yang menghubungan berbagai distrik juga ikut amblas.

Seperti tampak di Jembatan Masnai yang menghubungkan Distrik Masnai dan Distrik Siday amblas sedalam 30 cm. Jembatan yang membelah sungai Karisma Maryam sepanjang 100 meter itu seluruhnya amblas akibat guncangan gempa. Di tiap ujung jembatan dan jalan
telah amblas sehingga warga secara bergotong royong menambalnya dengan batu.

Selain mengamblaskan jembatan, gempa juga meruntuhkan kantor kepala desa seperti di Meifargo, Masni, Manokwari pun rata dengan tanah. Di depan kantor tersebut, satu buah kawat listrik pun terlepas dari tiangnya akibat guncangan gempa. “Gereja di samping balai desa juga rusak berat,” ujar Beser, warga setempat.

Menurut catatan pemerintah, bangunan yang rusak ringan sebanyak 34 dan 33 bangunan rusak berat. Untuk gereja, 12 rusak ringan dan 22 rusak berat (total 34) sedangkan gedung sekolah delapan rusak ringan dan sembilan rusak berat. “Ada pun jembatan delapan rusak,” Wakil Gubernur Papua Barat Haji Rahimin Katjong kepada wartawan di kantornya, Jalan Siliwangi, Manokwari, Selasa, (06/01).

DIKUCURKAN Rp 2,25 Miliar

Sementara itu, pemerintah pusat telah mengucurkan dana Rp 2,25 miliar untuk membantu korban gempa di Manokwari. Dana itu tidak termasuk untuk membiayai sarana umum seperti jembatan dan jalan. “Dana untuk operasional sebesar dua seperempat miliar rupiah. Jadi itu tidak banyak. Kalau jalan, pelabuhan, jembatan kan langsung diperbaiki oleh kontraktor. Jadi mereka (korban) terima barang jadi,” kata Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, Selasa (06/01).

Selain bantuan uang, menu-rut Djoko, pemerintah menyalurkan bantuan berupa perlengkapan rumah tangga, obat-obatan, unit mobil rescue serta instalasi penjernih air. “Kami telah mendengarkan penjelasan dari gubernur. Setelah beliau menyampaikan korban, berapa bangunan yang rusak dan sebagainya, ternyata menurut pandangan kami kerusakan itu tidak terlalu parah,” ujarnya.

Untuk kerusakan infrastruktur, kata dia, ada dua jalan rusak dan langsung diperbaiki. Sedangkan kerusakan jembatan terjadi di tujuh lokasi. Demikian juga kerusakan di dermaga. “Pak Jusman (Menteri Perhubungan) sudah langsung menginstruksikan untuk diperbaiki sehingga sarana transportasi laut mau pun darat sudah normal dan tidak ada masalah sama sekali,” kata Djoko. Djoko menambahkan, banyaknya jumlah pengungsi bukan karena rumah warga hancur dan rusak melainkan karena warga masih takut gempa susulan.

Iklan
Kategori:Daerah
  1. lando
    Februari 23, 2009 pukul 9:11 pm

    kepada yth
    seluruh masyarakat Indonesia, para dermawan, para donatur, dan semua pihak yang bergerak di bidang bantuan kemanusiaan.

    kami panitia bencana alam nasional papua barat di jakarta
    mohon uluran tangan kasih dari semua pihak untuk membantu saudara-saudara kami yang tertimpah bencana gempa bumi pada tagal 4 januari 2009 dengan kekuatan 7,6 SR di manokwari dan sorong papua barat.

    uluran tangan saudara sangat kami butuhkan demi meringankan beban saudara-saudara kita.

    bantuan berupa barang atau uang dapat disalurkan di posko panitia dgn alamat:
    jl. kerajinan no. 2 lt. II gaja mada – jakarta barat
    no rekening panitia : 033201010827504 a.n derek samberbori (bendahara panitia)
    contak person : 081218665747 (kelly); 081248392537 (lando)

    atas nama panitia, kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang tergerak untuk membantu saudara-saudara kami dimaksud.

    hormat kami
    panitia

  2. ainta
    November 11, 2009 pukul 10:13 am

    saya turut prihatin karena saya juga dari manokwari

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: