Beranda > Nasional > Menlu: Palestina tak Butuh Laskar, Tapi Obat

Menlu: Palestina tak Butuh Laskar, Tapi Obat

Jakarta, KOMENTAR
Meski berbagai ormas siap mengirimkan laskar untuk membantu Palestina memerangi Israel. Namun Menteri Luar Negeri (Menlu) Hassan Wirajuda menilai Palestina lebih membutuhkan obat-obatan dan peralatan medis.

“(Pengiriman laskar) Itu bukan sebuah opsi. Kepada pihak-pihak yang mau mengirimkan relawan untuk berjihad saya ingin menanyakan apakah itu yang Palestina butuhkan? Belum tentu,” kata Hassan Wirajuda pada jumpa pers tahunan di Kantor Deplu, Jalan Pejambon, Jakarta Pusat, Selasa (06/01).

Hassan menjelaskan Duta Besar Palestina Fariz Mehdawi telah mengadakan pertemuan dengan Presiden SBY. Dalam pertemuan itu Mehdawi menyatakan Palestina membutuhkan obat-obatan dan peralatan medis.

“Yang paling dibutuhkan di sana obat dan peralatan medis,” katanya.
Menurut Hassan, Indonesia juga akan bekerja sama dengan Mesir dalam bantuan kesehatan. Mesir akan mendirikan rumah sakit lapangan di Sinai yang dapat dibantu tenaga kesehatan Indonesia.

OBAT-OBATAN
Sementara itu, berjatuhannya korban akibat serangan Israel di di Gaza terus menelan korban. Bantuan pun sangat diharapkan untuk kawasan tersebut. Utamanya obat-obatan dan peralatan medis. “Relawan kesehatan Mesir sudah sangat banyak. Yang dibutuhkan saat ini adalah obat. Gaza membutuhkan obat-obatan,”, tutur Asisten Menlu Mesir Urusan Arab Abdurrahman Shalahudin, di kawasan Korniche Nile, Kairo, Mesir, Selasa (06/01).

Abdurrahman menyampaikan itu saat ditemui Tim Advance Bantuan Kemanusiaan Indonesia untuk Palestina yang diketuai Aidil Chandra Salim. Abdurrahman juga menyampaikan, Mesir siap menfasilitasi masuknya bantuan kemanusiaan Indonesia ke Gaza bila bantuan sudah tersedia.

Selain itu menurut Sekjen Bantuan Kemanusiaan Gaza Ibrahim Za’faran, saat ini 400 dokter Arab dengan berbagai spesialisasi telah memenuhi tanah Al Arish dan sekitarnya untuk memberikan bantuan bagi korban Gaza. Dan Ibrahim, juga menyampaikan seruannya agar melakukan pengumpulan dana untuk belanja obat-obatan bagi korban langsung serangan Israel terhadap warga Palestina di Gaza.

Sementara itu menurut perwakilan Depkes Rustam Syarifuddin Pakaya, delegasi Indonesia telah menyerahkan dana sebesar Rp 1 miliar untuk digunakan membeli obat-obatan melalui Amman, Yordania dan telah diserahterimakan kepada pejabat Departemen Kesehatan Palestina. Selanjutnya juga, bantuan senilai Rp 1 miliar lainnya akan diserahkan di Rafah, Palestina dalam bentuk obat-obatan, peralatan medis dan mesin genset.

Iklan
Kategori:Nasional
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: