Beranda > Dunia > Israel: Kami tak Ingin Perang Berlangsung Lama

Israel: Kami tak Ingin Perang Berlangsung Lama

Tel Aviv, KOMENTAR
Presiden Israel Shimon Peres mengatakan, pihaknya akan mempelajari proposal damai yang diajukan Mesir dan Prancis untuk menghentikan serangan di Gaza. Peres juga mengungkapkan tak menginginkan perang berlangsung lama. Namun dia mengingatkan agar gencatan senjata itu dilaksanakan dengan sebenar-benarnya. “Kertas saja tak cukup untuk mengubah situasi,” ungkapnya.

Dalam wawancara dengan stasiun televisi Inggris Sky News dan dikutip AFP, Rabu (07/01), Peres menandaskan bahwa pihaknya tak ingin perang yang berkepanjangan. “Israel akan mempelajari rencana gencatan senjata yang ditawarkan Mesir dan Prancis,” katanya. “Kami akan mempelajarinya dengan detail. Ini akan tergantung dari bagaimana gencatan senjata ini dikelola,” ungkap Peres.

Presiden Mesir Hosni Muba-rak menyampaikan undangan kepada Israel untuk mengadakan pertemuan darurat di perbatasan Mesir-Israel.

Mubarak berharap pertemuan tersebut akan menghasilkan kesepakatan dan jaminan bahwa eskalasi konflik tidak akan terulang lagi. Ini termasuk pengamanan di wilayah perbatasan serta membuka blokade perbatasan.
Peres juga menegaskan bahwa kesepakatan gencatan senjata harus termasuk menjamin bahwa Gaza tidak menjadi “satelit Iran”, di mana persenjataan dari negara Mullah itu, bisa dengan mudah masuk ke Gaza. “Kami tertarik untuk mengakhiri perang ini. Namun mengakhiri bukan hanya untuk saat ini, tapi juga mengakhiri teror,” tutur Peres. Sebelumnya Presiden Syria Bashar Al Asaad mengatakan bahwa Hamas juga ingin melakukan perdamaian. Namun Hamas memberikan syarat, Israel harus menghentikan operasi militer dan keluar dari Gaza.

Kategori:Dunia
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: