Beranda > Politik > Capres Langowan Semedi di Kamar Bung Karno

Capres Langowan Semedi di Kamar Bung Karno

Jakarta, KOMENTAR
Kandidat calon presiden (capres) berdarah Langowan, Prabowo Subianto memanfaatkan kunjungannya di Kabupaten Ende, Flores, untuk bersemedi di rumah pengasingan Bung Karno. Di rumah tua bersejarah yang berukuran 12 kali 9 meter itu, Prabowo bersemedi. ‘’Namanya semedi, bukan memohon. Tapi merenung,’’ jawab Prabowo ketika ditanyai wartawan apa yang dimintainya dalam semedinya itu, Minggu (22/03) kemarin.

Menurut Prabowo, dirinya melakukan hal ini semata-mata untuk menghormati Bung Karno
sebagai pahlawan bangsa yang telah membangun negeri ini. “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai pahlawannya,” paparnya. Rumah bekas Bung Karno diasingkan ini terletak di Jalan Perwira dibangun sejak tahun 1927. Kabarnya para pejabat yang berkunjung selain untuk mengetahui, juga berniat semedi di ruang Bung Karno untuk mendapatkan ‘wangsit’.

Di antara para pejabat dan tokoh nasional yang pernah mengunjungi rumah peninggalan Bung Karno ini adalah Akbar Tandjung, Surya Paloh dan Adik kandung Prabowo Subiyanto, Hasyim Djojohadikusumo.

Rumah bersejarah itu memiliki ruang tidur, ruang tamu, ruang dapur, serta sebuah ruangan khusus untuk semedi. Sejumlah barang milik peninggalan Bung Karno seperti tongkat, kopiah, lukisan serta foto-foto Bung Karno selama di Ende juga masih tersimpan rapi di tempat ini. Prabowo dalam semedinya di rumah tersebut, turut didampingi Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra yang juga paranormal, Permadi.

Tak hanya itu, Prabowo juga mendatangi pohon sukun yang menjadi saksi sejarah karena pohon itu pernah menjadi tempat merenungnya Bung Karno sehingga mendapat inspirasi untuk mencetuskan rumusan Pancasila. Lokasi pohon tersebut tidak jauh dari lapangan Pancasila tempat Prabowo menyampaikan orasi politiknya. Pohon tersebut memiliki lima batang yang tumbuh dari tunasnya di bawah tanah.

Sampai saat ini, pohon tempat Soekarno mendapatkan inspirasi rumusan Pancasila tersebut kini sudah tumbuh untuk yang kedua kalinya. Pohon pertama sudah tumbang beberapa tahun silam akibat termakan usia. Melihat nilai sejarahnya, tunas pohon ini ditanam kembali oleh teman dekat Inggit Garnarsih (istri keduanya Soekarno) Siti Mahani.

Prabowo mengakui bahwa kedatangannya ke pohon tersebut untuk mendapatkan ilham dan menguatkan semangatnya untuk terus berjuang menjadi capres. Mantan menantu Soeharto ini menolak jika perilakunya itu dikait-kaitkan dengan hal-hal yang berbau mistis. “Kita hanya napak tilas untuk mendapat ilham dan menebalkan semangat. Tidak ada kaitannya dengan mistis,” ujar Ketua Umum DPP Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) ini.

Prabowo mengaku sangat kagum dengan keberanian para pejuang bangsa ini. Sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan kepada jerih payah mereka, Prabowo melakukan napak tilas terhadap Soekarno. “Kita berusaha untuk menghormati founding father kita yaitu Soekarno,” pungkasnya.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: