Arsip

Archive for the ‘Pendidikan’ Category

Pedaftaran Mahasiswa Baru STAN 2009-2010

Juni 18, 2009 5 komentar

Pengumuman: Penerimaan Mahasiswa STAN Tahun 2009/2010

Departemen Keuangan Republik Indonesia telah membuka Pendaftaran Ujian Saringan Masuk mahasiswa Sekolah Tinggi Akuntansi Negara tahun ajaran 2009/2010.

Untuk tahun ini, pendaftaran dilakukan dua tahap, yaitu:
1. Tahap pertama, pendaftaran melalui web (eRegistration) melalui http://usm.stan.ac.id
2. Tahap kedua yaitu pendaftaran berkas dilakukan di lokasi-lokasi yang telah ditentukan.

Pengumuman lengkapnya dapat didownload di USM STAN 2009-2010

Pengumuman lengkap dan perkembangan selanjutnya kunjungi http://tribunmanado.co.cc/2009/06/10/pengumuman-penerimaan-mahasiswa-stan-tahun-20092010/

Kategori:Lowongan, Pendidikan

Mesum di Warnet, Lemahnya Pengawasan

Desember 11, 2008 Tinggalkan komentar

JAKARTA – Okezone.com
Para pelajar yang menggunakan warung internet atau warnet sebagai ajang pacaran kebanyakan didorong oleh rasa ingin tahu dan dorongan biologis yang memang sudah terbentuk pada masanya.

Psikolog Universitas Indonesia Fivi Nurwianti menjelaskan, kondisi warnet yang tertutup dan jauh dari pengawasan secara tak langsung memberikan kesempatan kepada pengunjung internet untuk meneruskan dorongan-dorongan tersebut dan berbuat hal di luar norma.

“Warnet memang memberikan kontribusi kepada tindakan sepasang kekasih untuk berbuat mesum, apalagi di kalangan remaja,” kata Fivi kepada okezone, beberapa waktu lalu.

Pada masa remaja, kematangan biologis memang sudah terbentuk sehingga mendorong rasa ingin tahu untuk memahami dan menuruti hasrat seksual. Lingkungan keluarga yang kaku membuat para remaja mencari alternatif lain untuk memuaskan rasa ingin tahunya.

Pada awalnya internet memang dapat dijadikan tempat alternatif untuk mencari informasi yang diinginkan para remaja. Di dunia internet, mereka tak perlu malu untuk menggali informasi tentang hal-hal yang dianggap tabu, berbeda jika mereka bertanya langsung kepada keluarga,? katanya.

Namun, kecenderungan remaja mendatangi warnet untuk sekadar mencari informasi kemudian berubah berbuat mesum disebabkan adanya kesempatan dan dorongan biologis. “Begitu masuk warnet, remaja melihat tempat tersebut dianggap aman nyaman dan menyenangkan untuk berbuat mesum,” katanya.

Untuk mengatasi maraknya perilaku mesum di warnet, dibutuhkan kesadaran dan bimbingan kepada kedua belah pihak, baik pengunjung ataupun pemilik warnet. Fivi mengungkapkan, pemilik warnet sebaiknya benar-benar menyaring pengunjung.

“Pengunjung sebaiknya wajib menulis atau meninggalkan identitasnya,” katanya.

Data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menyebut jumlah pengguna Internet melalui warnet pada semester I tahun 2007 mencapai 42 persen dari 25 juta pengguna. Pengguna warnet diperkirakan mengakses internet rata-rata satu jam per hari.

Kategori:Pendidikan Tag:, , ,

Warnet Masih Jadi Sarang Mesum Para Pelajar

Desember 11, 2008 48 komentar

DEPOK – Okezone.com

Kondisi warnet yang tertutup dan jauh dari kontrol penjaga, memungkinkan para pengunjung untuk melakukan hal di luar kendali. Bahkan kebanyakan pelajar yang mangkir dari sekolah menyiasati hal ini.

Empat orang pengunjung tampak sedang asyik menyelami dunia maya di bilik ruangan sebuah Warung internet (warnet) bercat putih kusam di kawasan depok. Jarum jam, menunjuk ke arah angka 10, Jumat (28/11/2008) pagi, ketika itu. Di ruangan warnet tersebut terdapat sembilan bilik berukuran sekira 1,5×1 meter yang dipisahkan dengan sekat berbahan triplek bercat hitam.

Dari empat pengunjung tersebut, dua di antaranya adalah sepasang pelaja berseragam putih abu-abu. keduanya memang dapat dilihat oleh pengunjung lain jika melewati biliknya karena tiap bilik tempat komputer tersebut didesain lesehan.

“Tadi masuk sekolah terlambat, jadi cabut aja. Sekalian mau cari bahan buat tugas besok,” ujar Adit (bukan nama sebenarnya) pelajar SMA tersebut kepada Okezone ketika ditanya tentang keberadaannya di luar sekolah pada saat jam belajar sekolah.

Remaja berusia 17 tahun itu mengatakan, sebenarnya sejak pagi, ia memang sengaja untuk terlambat sekolah dan memilih bermain internet bersama pacarnya Ranti (juga bukan nama sebenarnya) yang juga masih satu sekolah dengannya.

“Sudah biasa kalo gak sekolah ya ke warnet, lagian mau kemana lagi kalau keliaran malah ketahuan keluarga lagi,” kata Adit.

Kepada Okezone, kedua pelajar yang masih duduk di bangku kelas II SMA dan mengaku telah menjalin asmara selama 3 bulan itu mengatakan, hanya bermain internet bersama saja, tanpa ada niat melakukan perbuatan-perbuatan yang tidak senonoh.

“Buka-buka situs aja, Facebook, atau Friendster, dan mencari bahan tugas, tapi kalo ada kesempatan ya gitu , tapi paling cuma sebatas ciuman, pokoknya 3 x 4 (seperti foto 3×4 menunjuk kepala hingga dada) aja,” ujar Adit sambil tertawa.

Lain Adit, lain Hamzah, seorang pelajar yang kebetulan sedang berada di warnet itu. Hamzah mengungkapkan serunya pengalaman memadu kasih di sebuah warnet. Pada awalnya ia tidak pernah berpikiran macam-macam ketika sedang berada di bilik warnet, tetapi karena ada kesempatan ia pun berani bercumbu dengan pacarnya.

“Warnet kan tertutup, gak ada orang lain yang peduli,” kata Hamzah. Bahkan, pelajar kelas III SMA negeri di Depok itupun hapal lokasi warnet-warnet di kawasan Depok yang menurutnya cocok dijadikan ajang pacaran.

“Sekarang sudah agak susah, banyak yang terbuka, sekatnya juga pendek-pendek, tapi namanya naluri tetap aja bisa,” katanya.

Hamzah juga menceritakan, kadang-kadang ia dan pacarnya justru tidak pernah membuka situs-situs berbau pornografi, melainkan membuka video-video porno yang disimpan di flash disk miliknya atau pinjam dari teman.

“Saya tidak pernah buka situs porno, biasanya janjian ama pacar nonton video bokep yang udah ada di flashdisk, tinggal colok, terus tonton,” katanya.

Fenomena memadu kasih di warnet memang bukan hal baru di Indonesia. Banyak situs di internet yang memajang bukti-bukti video adegan mesum di warung-warung internet.

Menurut Aldi (25), seorang penjaga warnet di kawasan Depok, seringkali ia memergoki pengunjung warnet yang sedang bercumbu.

“Dulu sering, tapi nggak sengaja paling pura-pura nggak tahu, kalau sekarang kan sudah ada kamera jadi tinggal pantau kalau ada yang berbuat macam-macam,” katanya.

Aldi mengungkapkan, desain warnet yang tertutup memang memungkinkan orang berpacaran di warnet. Beberapa warnet di kawasan Depok memang dianggap sangat aman dan nyaman untuk berbuat mesum. Contohnya di lantai tiga sebuah warnet di jalan Margonda, tempat tersebut memang sangat jauh dari pengamatan penjaga warnet atau pengunjung lain yang kebanyakan berada di lantai satu.

“Biasanya komputer paling pojok tuh PW (posisi wuenak/ posisi enak) banget buat pacaran, sama yang di bawah tangga,” ujarnya. (srn)

Pengumuman Hasil Ujian Saringan Masuk Mahasiswa STAN Tahun 2008

September 2, 2008 Tinggalkan komentar

Berdasarkan pengumuman yang dikeluarkan oleh Departemen Keuangan Republik Indonesia Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan No. Peng-004/PP/2008, tentang PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM DIPLOMA III DAN I KEUANGAN SEKOLAH TINGGI AKUNTANSI NEGARA TAHUN AKADEMIK 2008/2009, menyebutkan bahwa Pengumuman Hasil Ujian Saringan Masuk tersebut akan diumumkan pada tanggal 3 September 2008 pukul 11.00 WIB. Peserta yang dinyatakan lulus ujian saringan masuk (USM) harus melakukan pendaftaran ulang di tempat-tempat yang ditetapkan oleh Panitia Penerimaan Mahasiswa dengan menyerahkan:

a. Pas Foto berwarna terbaru sebagai berikut: Ukuran 2x3cm sebanyak 2 lembar dan ukuran 4×6 cm sebanyak 4 lembar.
b. Dua fotokopi STL/SKHU dan Ijasah yang telah dilegalisasi oleh Kepala Sekolah dengan memperlihatkan STL/SKHU dan ijasah aslinya.
c. Surat Keterangan Dokter Pemerintah/Dinas Kesehatan yang menyatakan bahwa calon mahasiswa berbadan sehat dan tidak cacat badan.
d. Surat Keterangan Dokter Pemerintah/Dinas Kesehatan yang menyatakan bahwa calon mahasiswa tidak terkena/tergantung pada narkotika dan sejenisnya.
e. Surat Keterangan Hasil rontgen dari dokter spesialis paru-paru yang menyatakan paru-paru calon mahasiswa dalam keadaan sehat/baik.
f. Surat Keterangan dari Kepala Desa/Lurah yang menyatakan calon mahasiswa belum pernah menikah.
g. Surat Pernyataan dari calon mahasiswa bahwa selama mengikuti pendidikan bersedia untuk tidak akan menikah atau mematuhi peraturan disiplin mahasiswa.
h. Asli Bukti Peserta Ujian (BPU).
Pengumuman hasil USM STAN secara resmi dapat juga diikuti di website berikut:
http://www.depkeu.go.id/
http://www.bppk.depkeu.go.id/
http://www.stan.ac.id/